Berdayakan Masyarakat Mahasiswa KKN UAD Hidupkan Kembali KWT

Senin, 26 Februari 2024 - 20:42:12


/

Radarjambi.co.id-Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan salah satu kelembagaan petani yang mana para anggotanya terdiri atas wanita yang berkecimpung dalam kegiatan pertanian.

Dari rilis yang diterima Radarjambi.co.id menyebutkan jika KWT Mekar Asri merupakan kelompok rintisan hasil binaan dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kapanewon Srandakan yang dibentuk untuk mewujudkan ketahanan pangan di level terbawah yakni padukuhan.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) reguler periode-119 unit XI.B.2 yang berlokasi di Kapanewon Srandakan memiliki program kerja mengaktifkan kegiatan KWT.

Program kerja ini telah terlaksana dengan lancar pada tanggal 24 dan 25 Februari 2024. Pada hari pertama yaitu pembelian bibit dan alat-alat pertanian sedangkan hari kedua pembersihan lahan dan penanaman bibit.

Selain itu unit KKN XI.B.2 juga melakukan pembenahan lahan KWT. Bibit yang ditanam diantaranya bibit sayuran, tanaman obat, serta buah-buahan.

Avenda Pratama, selaku ketua unit memaparkan bahwa, “Tujuan adanya program ini salah satunya untuk menumbuhkan kembali semangat ibu rumah tangga yang ada di Kapanewon Srandakan agar dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin salah satunya menjaga dan merawat bersama lahan KWT yang sebelumnya pernah ada”.

KWT Mekar Asri resmi dibentuk pada tanggal 07 Oktober 2021 di Padukuhan Cagunan, Desa Trimurti, Kapanewon Srandakan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anggota KWT Mekar Asri didominasi oleh ibu rumah tangga yang antusias dalam mengikuti setiap kegiatan.

Saat diwawancarai, Sulastri selaku ketua KWT mengatakan turut senang dengan adanya program kerja dari teman-teman KKN UAD.

Ke depan dirinya berharap semoga apa yang diusahakan bersama dapat memberikan manfaat yang lebih untuk mencapai tujuan ketahanan pangan dan kesejahteraan keluarga.

Lebih lanjut Sulastri mengatakan bahwa perlunya anggota KWT mendapatkan pelatihan maupun sosialisasi untuk meningkatkan keterampilan dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pertanian serta menambah semangat dan antusias anggota.

Meskipun terbatas akan kepemilikan lahan, KWT Mekar Asri terus bergiat guna mencapai tujuan. Adapun susunan pengurus KWT Mekar Asri Padukuhan Cagunan yaitu, Pelindung Supandi; ketua I dan II, Sulastri dan Nasiyam; sekretaris I dan II, Mintarti dan AtikSri Sujiati; bendahara I dan II, Sarodiyah dan Guntari; dan humas terdiri dari Sunarti, Musringah, Ari, dan Sri Wanti. (*)